Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Thursday, August 03, 2006

Gempa Beberapa Waktu Yang Lalu

Jakarta pernah terjadi gempa, di Labschool Cinere anak-anak sekolah berhamburan keluar ketakutan, ada yang berteriak-teriak. Ada yang sembunyi ke kamar mandi. Ada yang ngumpet dibawah bangku. Hal itu terjadi secara spontan bagi para siswa.

Pada satu kesempatan kami berkumpul dengan para siswa untuk mendiskusikan fenomena gempa dan respon ketika terjadinya gempa. Ada yang berpendapat bahwa gempa itu adalah azab yang datang dari Tuhan karena banyak hambaNya yang lalai. Ada juga yang berpendapat bahwa gempa itu adalah kejadian alam karena adanya gesekan lempengan bumi. Lantas bagaimana respon kita?

Masing-masing siswa juga berpendapat berbeda, ada yang mengatakan kita berdoa saja pak. Ada juga yang berpendapat kita berlindung dibawah meja. Wah, kalo saya sih ngumpet aja dikantin bisa sambil makan. Kata salahsatunya. Gerr, semuanya tertawa mendengar ucapan polos itu.

Setelah selesai, kami jelaskan kepada para siswa bahwa gempa bumi itu adalah kejadian alam karena gesekan lempengan bumi. Gempa bisa juga diartikan sebagai azab dari Allah bagi orang yang lalai tapi bagi orang yang beriman gempa adalah mukjizat yang datang dari Allah SWT agar memperkokoh iman kita betapa Maha BesarNya Allah SWT. Yang perlu kita lakukan disaat gempa adalah tenangkan hati. Berdoa kepada Allah Mohon keselamatan dan ampunan sambil kita berikhtiar menyelamatkan diri. Tidak perlu ketakutan, apalagi berteriak-teriak. Berlarian, hanya akan membuat kepanikan.

Gempa pada kejadian berikutnya, alhamdulillah para siswa sudah tidak ada kepanikan, tidak ada teriakan, hanya ada satu dua yang keluar kelas. Bahkan ada yang satu kelas meneruskan tetap belajar.

Blogger Lili said.. :

terima kasih kunjungannya
Assalaamualaikum pak..

semoga Allah senantiasa melindungi kita baik dalam keadaan tenang maupun bencana, aamiin

12:57 AM  

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger