Hakekat Sholat

Pernah saya menjumpai seorang suami yang selalu didamprat istrinya selalu senyum dan menurut apa kata istrinya. Saya agak heran kenapa dia bisa melakukan semua itu selama bertahun-tahun.

“Mas, kenapa setiap kali sampeyan didamprat istri selalu senyum dan bersabar?”tanya saya.

“Itulah hakekat sholat, kemampuan kita mampu mencegah diri dari perbuatan keji dan mungkar. Lantas untuk apa saya sholat lima waktu setiap didamprat istri, apa saya mesti membalas mendampratnya? Apa bedanya saya yang sholat dengan yang tidak sholat?” Jawabnya.

Sekedar komentar dari cerita diatas, sudahkah kita mampu membalas dampratan istri atau suami kita dengan senyuman, jika sudah berarti kita sudah sampai pada hakekat sholat yang sebenarnya.

1 Response to "Hakekat Sholat"

Anonymous said...

subhanalloh...
dalam sekali makna yang terkandung dari kalimat yang terlihat sederhana dimaksud "menjadi sabar" itulah hakekat sholat...
semoga dalam menjalankan kehidupan ini kita senantiasa mendapat ridho dari illahi...amin.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel