Keberkahan Dalam Keluarga

Berkah artinya terkumpulnya kebaikan ilahiyyah pada seseorang/keluarga/masyarakat seperti terkumpulnya air di dalam kolam. Secara sosiologis, berkah artinya terdayagunanya nikmat Allah SWT secara optimal. Berkah dalam hidup tidak datang dengan sendirinya tetapi harus di­upayakan.

Bahwa tingkatan ekonomi keluarga itu berhubungan dengan kesungguhan berusaha, kemampuan me­nge­lola (manajemen) dan berkah dari Allah SWT. Ada keluarga yang ekonominya pas-pasan tetapi hidup­nya bahagia dan anak-anaknya bisa sekolah sampai ke jenjang tinggi, sementara ada keluarga yang serba berkecukupan materi tetapi suasananya gersang dan banyak urusan keluarga dan pendidikan anak ter­bengkalai.


Firman Allah:
“Sekiranya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertaqwa, niscaya Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan dari bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami akan siksa mereka disebabkan oleh perbuatan mereka.” (Surat al A’raf, 96)

“Allah menyayangi orang yang bekerja secara halal, membelanjakan hasilnya secara sederhana, dan mengutamakan sisa (tabungan) untuk kekurangan dan kebutuhannya (diwaktu mendatang).” (H.R. Ibn. Najjar dari Aisyah).

2 Responses to "Keberkahan Dalam Keluarga"

Anonymous said...

pak.. simbol-simbol atau huruf2 itu apa ya.. Apakah tanda kutip or ... masalahnya saya ga ngerti...

agussyafii said...

sebenarnya itu tanda petik, karena dikompi saya ada untuk huruf arabnya jadinya ada simbol-simbol itu..mohon maaf kalo jadi kurang nyaman dibacanya..

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel