Riyadhoh

Riyadhoh adalah latihan penyempurnaan diri secara terus menerus yang datangnya dari Alloh SWT ditujukan pada hambaNya. Semua kondisi puncak, puncak kebahagiaan, puncak penderitaan, puncak kegembiraan, puncak kesedihan merupakan wujud riyadhoh.
Datangnya bisa tiba-tiba, tidak pasti dan tidak disangka. Manusia hanya mempersiapkan diri dengan berbagai latihan-latihan jiwa, semua datang dan pergi tanpa sempat bertanya kenapa ini terjadi.

Pernah pada pagi hari dikejutkan suara tangis adik perempuan saya yang mengabarkan putrinya meninggal dunia diusia balita, “sabar ya nduk..”kata saya. “Iya mas, semua sudah kehendakNya.” Jawabnya. Dari ucapannya saya tahu sungguh sangat berat untuk menerima kenyataan. Kunci sukses dari riyadhoh adalah kepasrahan diri, menerima semua yang diberikan Sang Khaliq.

1 Response to "Riyadhoh"

Anonymous said...

adakah batasan waktu untuk riyadhoh? misal 40 hr dulu, kemudian kita lanjutkan lagi....
saat ini saya sdg menjalaninya, tapi saya mencoba lepas dari batas waktu dari yg di anjurkan ustadz saya...
saya coba 40 hr, krn saya kadang bolong shalat sunnahnya akhirnya saya coba loose aja

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel