ketika senyum itu hadir

Siang ditengah panas terik. motor melaju dengan kencang. Tubuh saya bersemangat. Istri saya tersenyum dengan melambaikan tangan sementara Hana digendong pada pinggangnya sebelah kiri badan. "Mas, hati-hati dijalan. Jangan lupa oleh-oleh buat hana ya yah.." Begitu katanya menghantarkan keberangkatan saya. Buat saya ketika senyuman itu hadir merupakan keajaiban dalam hidup saya seolah memberikan energi yang tubuh saya menjadi bersemangat untuk bekerja. Senyuman istri juga perlambang cinta.


Karena cinta merupakan sebagian saja dari isi hati, maka karakteristik dari cinta seseorang diwarnai oleh karakteristik hatinya. Orang yang hatinya baik maka ekpressi cintanya juga bersifat positif, seperti memaklumi, memaafkan siap berkorban dan sebagainya. Sebaliknya orang yang kualitas hatinya jelek maka dalam mengekpressikan cintanyapun bersifat negatif, misalnya mudah dibakar cemburu buta, dendam, mengedepankan kepuasan dirinya.

Rasyid Ridla dalam ta’liq Kitab Hadis Arba’in menyebutkan bahwa qalb itu ada dua macam, yaitu sepotong organ tubuh yang menjadi pusat peredaran darah dan qalb yang merupakan subsistem nafs yang menjadi pusat perasaan. Yang pertama besar pengaruhnya terhadap kesehatan badan dan yang kedua besar pengaruhnya terhadap kesehatan jiwa.

0 Response to "ketika senyum itu hadir"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel