Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Tuesday, July 01, 2008

Pilih Dia..

Satu hari ada teman yang datang ke rumah. Dia mengutarakan isi hatinya hendak pengen menikah. "Pilihlah dia.."kata saya. "kenapa mas?" tanya teman tersebut. "Karena perbuatannya yang selalu membahagiakan orang lain merupakan cermin agamanya."

Sabda Nabi SAW "fadzfar bizatiddin, taribat yadaka." Hadis ini tidak menyebut fadzfar mutadayyinatan (orang beragama) tetapi bidzatiddin, orang yang memiliki agama. Kata dzatiddin disini mengandung arti substansi (jauhar) atau sifat (`ardl) , jadi perempuan atau lelaki yang dzatiddin adalah orang yang beragama secara substansial atau dapat dilihat sifat-sifatnya sebagai orang yang mematuhi agama.

Lalu apa substansi agama itu ? secara vertikal orang yang memiliki agama itu mengimani, meyakini sepenuhnya adanya Alloh SWT sang Pencipta Yang Maha besar, Maha Adil, Maha Pemurah, Maha Pengampun, yang oleh karena itu sebagai manusia yang juga seorang hamba dari Sang Khaliq, ia tidak sanggup untuk sombong, sewenang-wenang. Secara horizontal orang yang beragama secara substansial akan berusaha secara maksimal menjadikan dirinya sendiri memberikan kemanfaatan maksimal kepada manusia dan makhluk lain, karena manusia tak lain adalah pengejawantahan kasih sayang Alloh SWT.

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger