Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Sunday, October 19, 2008

Kunci Doa Dikabulkan

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS Al Baqarah 2:186).

Ada 3 hal penyebab doa itu dikabulkan:

1. Kualitas Diri Yang Berdoa. Doa setiap hamba kepada Sang Khaliq akan selalu dikabulkan namun tergantung pada kualitas hambanya yang berdoa. Ada seorang ibu yang menangis melihat anaknya pacaran di mall dan berdoa supaya anaknya menjadi anak yang sholeh. Namun disisi lain ibunya terlalu sibuk dengan urusan dirinya sendiri bahkan mengabaikan kewajibannya sebagai seorang ibu sehingga doanya sulit untuk dikabulkan selama ibu itu tidak memperbaiki dirinya untuk meningkatkan kualitas diri dan ketaqwaanNya kepada Alloh SWT.

2. Ketaqwaan yang berdoa. Setiap orang yang berdoa agar doa dikabulkan hendaknya meningkatkan keimanan dan ketaqwaanNya sehingga jika doa itu dikabulkan memang patut untuk dikabulkan. seorang laki-laki yang berdoa agar mendapatkan istri yang sholehah maka pertanyaannya, "patutkah dirinya mendapatkan istri yang sholehah?" Sholatnya masih bolong-bolong, ngajinya kadang kalo inget, makanya agar mendapatkan istri yang sholehah seperti permohonan dalam doa, dirinya wajib untuk meningkatkan kualitas ketaqwaannya.

3. Amal Kebaikan (Amalan Sholehan). Sebelum anda meminta dalam doa. Alloh SWT akan mengabulkan permintaan anda, jika Anda memang telah pantas menerima nilai yang seharusnya Anda terima, berikanlah kontribusi lebih besar daripada yang Anda inginkan dalam doa. Amal kebaikan yang telah kita lakukan adalah salahsatu faktor penyebab dikabulkannya sebuah doa.

Blogger Wally Arifin said.. :

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ijin share kang, boleh gak.?

Makasih sebelumnya..

(jawaban sangat saya harapkan)

6:42 PM  

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger