Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Monday, March 16, 2009

Model Pembelajaran

Bakda Adzan maghrib terdengar, Rizki datang pertama kali. walau turun hujan anak-anak pengajian hadir dengan penuh semangat. Atun, Lusi, Piyah, Ratna, Novi. sambil tertawa badannya sedikit basah kuyup. Berikutnya satu persatu nampak datang. Kegiatan Amalia bagi anak-anak adalah bagian dari model pendidikan yang sangat dibutuhkan sekarang ini.

ada 3 faktor yang mempengaruhi kondisi pertumbuhan anak. pertama, keluarga. kedua, sekolah. dan yang ketiga, lingkungan. Tempat mengaji di Amalia mengambil bagian pada pembentukan lingkungan yang kondusif.

Metode pembelajaran Akselerasi yang digunakan di Amalia adalah metode belajar yang menyenangkan bagi anak-anak karena baginya belajar tak ubahnya bermain. Oleh sebab itu setiap harinya materi selalu berbeda setiap harinya. Dan kegiatan pembelajaran selalu menggembirakan.

Jadwal pelajaran setiap harinya. Setelah mengaji Al-Quran/ Iqro' anak-anak menghafal juz Amma setelah sampai batas yang dihafal baru menambah hafalan berikutnya, metode seperti ini bagi anak2 sangatlah penting, pertama selain untuk mengingat-ingat surat yang dihafal (takrir) agar tidak cepat lupa, juga untuk mendekatkan jiwa kebersamaan terhadap teman-temannya.

Setelah mengaji Al-Quran/Iqro' anak-anak diberi pelajaran doa-doa dan juga harus dihafalnya, kalau yang Al-Quran tingkatan hafalannya lebih tinggi seperti menghafal ayat Kursi, doa habis adzan. Sedangkan yang tingkatan Iqro' yang dihafalnya yang mudah-mudah saja misalnya doa mau tidur, mimpi buruk/ baik, berpakaiaan. Doa-doa seperti ini tujuan untuk membiasakan anak-anak untuk biasa berdoa setiap waktu. Inilah bagian yang paling penting dalam menanamkan nilai pada anak-anak Amalia dan yang paling penting bagi anak-anak semuanya dilakukan dengan riang gembira.

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger