Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Wednesday, April 22, 2009

Belajar Di Alam Terbuka

Pada acara ACR (Amalia Cinta rasul) yang kemaren diadakan, saya sempat bertanya pada anak-anak Amalia. 'Pada kegiatan apa yang kalian sukai?' 'Mencari Harta Karun kak.' jawab anak-anak Amalia serentak. Mencari harta karun adalah sesi kegiatan di alam terbuka, anak-anak dibagi dalam kelompok kemudian mendapatkan tugas mencari harta karun yang berupa potongan kertas warna-warni.

Alam terbuka merupakan tempat belajar yang sangat disenangi anak-anak sekaligus paling efektif. Alam memberikan ruang untuk dilihat dan diperhatikan bagi anak-anak seperti menemukan kepompong yang berada didahan pohon. bunga yang sedang tumbuh mekar, semut-semut yang berbaris. Membuat gajah atau harimau dari gundukan tanah. Semua itu pengalaman yang menarik dan mengesankan bagi anak-anak sekaligus kita bisa menanamkan kecintaan mereka pada bumi agar untuk dijaga dan dirawat dengan baik. Itulah sebabnya kami membuat satu rangkaian kegiatan berikutnya dengan tajuk ACIBU (Amalia Cinta Bumi).

Anak-anak selalu istimewa, bagaikan intelektual cilik dengan daya jelajah obeservasinya. Curiosity begitu tinggi, apapun ditanyakan. Itulah sebabnya peran kita menjadi penting didalam bemberikan informasi yang berguna dan juga mengarahkan agar mereka mendapatkan pengetahuan secara lengkap. Belajar di alam terbuka akan memberikan pengalaman langsung dan menumbuhkan 'willing to learn' bagi anak-anak, itulah pondasi dasar untuk mengembangkan kemampuan akademisnya.

--
Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya (Ali bin Abi Thalib ra)

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger