Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Tuesday, June 02, 2009

Keteduhan

Keteduhan di dalam hidup kadang hadir kala orang sehat namun ada juga keteduhan hadir di saat orang sakit. Sakit melatih kesabaran seseorang menjadi meningkat. Sakit membuat keteduhan dirasakan oleh orang-orang di sekelilingnya. Begitulah kata ibu haji yang saya mengenalnya sejak 5 tahun yang lalu. Katanya, "Sejak bapak sakit, beliau menjadi begitu sangat sabar. Bahkan kalo saya ngomel sama anak-anak, sekarang bapak bisa nasehatin saya..sabar bu..sabar."

Pak haji yang saya kenal beliau salah satu pengurus pesantren di daerah Tangerang. beliau menderita Verkalking, yakni sakit disebabkan pengapuran pada persendian kaki sehingga kalau digerakkan kakinya terasa sangat sakit. Menurut dokter ahli tulang tempat di mana beliau berobat mengatakan jalan satu-satunya untuk menyembuhkan sakit adalah dengan operasi.

Beliau tidak malah langsung melaksanakan saran dokter namun malah bersama anak dan istrinya malah bershodaqoh untuk anak-anak yatim dan orang-orang tidak mampu di sekeliling rumahnya. Keyakinannya bahwa 'Obatilah orang-orang sakit dengan shodaqoh dan betengilah harta kalian dengan zakat dan tolaklah bala' dengan doa' itulah satu-satunya cara saya untuk berobat, begitu tuturnya.

Anehnya, begitu bangun untuk menunaikan sholat subuh, beliau tidak lagi merasakan sakit pada persendian kakinya. Begitu siangnya Pak Haji segera mendatangi dokter langganannya untuk memeriksakan kesehatan kakinya. Setelah difoto, ternyata pengapuran pada sendi kakinya telah hilang. Dokternya bertanya, apakah dia telah menjalani operasi? Pak Haji menjawab, saya tak pernah opreasi, hanya meminta kepada Alloh agar disembuhkan. Sang dokter itu mengakui bahwa kalau Alloh berkehendak, semua pasti terjadi.

Dari berbagai persitiwa yang telah beliau alami, perubahan sifat yang dulunya pemarah sekarang menjadi lebih sabar. Keteduhan pada diri Pak Haji semakin dirasakan oleh keluarganya. Namun juga yang paling penting bahwa Alloh dengan kekuatanNya mampu menghilangkan segala penyakit yang diderita hamba-hambaNya.

Beliau juga merasakan pertolongan yang diberikan kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa melalui doa yang dipanjatkan sangat memberi kemudahan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita oleh dirinya. Itulah penuturan Pak haji yang saya kenal dengan keteduhan sifat-sifat beliau.

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger