Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Monday, June 29, 2009

Temukan Kegembiraan Anda!

Setiap kali pulang kerja, bersama Hana dan istri saya suka menjemput sore hari dengan berjalan-jalan keliling kampung. Menikmati indahnya sekeliling. Bertegur sapa dengan setiap orang yang bertemu dijalan. Terkadang orang yang tidak kami kenalpun, kami suka menyapanya. Bila berjalan jauh terasa melelahkan kami berhenti. Menikmati kelapa muda atau duduk ditaman sambil maen ayunan bersama Hana. begitulah menanamkan kegembiraan di dalam pikiran kita. Mensyukuri kehidupan dengan suka cita.

Kedamaian, keindahan dan kemeriahan dengan melakukan aktifitas berjalan kaki merupakan kegiatan yang paling sederhana, murah dan meriah. Tujuan utama menggali kegembiraan. Tidak harus ke mall atau ke tempat wisata yang harus mengeluarkan uang. kegembiraan itu terletak ada di dalam pikiran kita. Bila didalam pikiran menemukan kegembiraannya aktifitas apapun terasa menyenangkan, Makan enak, tidurpun nyenyak.

Seringkali saya, Hana dan istri melakukan aktifitas bersama. Meminimalisir kegiatan menonton TV. Membaca koran. Bahkan saya menghindari dan tidak memperkenalkan game online untuk Hana dan anak-anak Amalia. Sebab sekali menanamkan game didalam pikiran anak-anak berarti menjerumuskan mereka. Pernah ada seorang ibu datang ke Rumah Amalia dengan menangis tersedu-sedu karena anaknya tidak mau sekolah, tidak mau mandi bahkan susah makan. maunya setiap hari didepan layar monitor untuk maen Game online. Bila sudah tertanam game online pada pikiran anak-anak, lantas bagaimana anak-anak bisa menemukan keindahan dalam hidupnya?

Pikiran-pikran kita banyak dipenuhi dengan lembaran berita dari koran, TV, internet tentang perselingkuhan, politik penyebar kebencian, fitnah, Skandal seperti sampah yang menjejal didalam kepala kita. Jika kita menjadikan pikiran kita sebagai tempat sampah dengan berbagai sampah-sampah informasi maka kita tidak akan pernah menemukan kegembiraan dalam hidup kita, kedamaian alam, indahnya matahari pagi, bertegur sapa dengan orang-orang disekitar kita dan nikmatnya menjemput sore hari.

Sebaiknya hindarkanlah menjadikan pikiran-pikiran kita menjadi tempat sampah, maka kita akan menemukan kegembiraan hidup!

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger