Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Tuesday, July 14, 2009

Baca Yuk!

Setiap malam ketika anak-anak Amalia belajar mengaji Hana selalu memegang buku, terdengar teriakannya 'Ayah.. Baca Yuk!' Hana terus duduk dipangkuan saya dan saya membacakan buku yang dipegang oleh Hana. Buku favorit Hana Kisah Teladan 25 Rasul karena bukunya ada gambarnya.

Saya memang suka membawakan Hana buku cerita bergambar, Kisah Rasul, Teladan Sahabat, juga buku cerita lainnya. Biasanya saya suka mendongeng untuk anak-anak Amalia. Mendongengnya terkadang saya membacakan melalui buku. Anak-anak Amalia suka sekali mendengarkannya. Apalagi Hana suka terlihat kegembiraannya dengan berbagai kisah.

Virus cinta membaca justru pertama kali ditebarkan oleh Nabi Muhamad SAW dengan wahyu pertamanya yang berbunyi, Iqra' Bacalah. Virus membaca patutlah menjadi bagian budaya ditengah masyarakat. Saya selalu menugaskan kepada anak-anak Amalia untuk membaca buku-buku diperpustakaan. Minat membaca dibentuk dari lingkungan keluarga dan lingkungan belajar.

virus cinta membaca patutlah kita sebarkan untuk anak-anak agar mereka suka membaca. Itulah sebabnya di Rumah Amalia, anak-anak menjadi kecanduan membaca sekaligus dilatih untuk menulis. Membaca dan menulis bagaikan dua keping sisi mata uang yang tak terpisahkan. Dengan anak-anak banyak membaca berarti juga mereka bisa menuangkan dalam bentuk satu tulisan. Lantas kapan yang tepat orang tua menebarkan virus cinta membaca pada anak?

Selayaknya orang tua membiasakan diri untuk membacakan cerita sejak dini. Begitu anak kita lahir, bahkan ketika masih bayi di dalam kandungan. Itu karena cara kita untuk belajar membaca ada dua yaitu melalui mata dan telinga. Nah, melalui telinga ini bisa dimulai dengan membacakan cerita ketika anak di dalam kandungan. Tujuannya bukan untuk anak bisa membaca tapi untuk memperdengarkan suara kedua orang tuanya karena ini merupakan cara yang ampuh untuk menenangkan anak. Mari tebarkan virus cinta membaca untuk anak-anak kita, seperti teriakan Hana, 'Ayah..Baca Yuk!'

Anonymous sewa mobil di surabaya said.. :

ayukkkk.... ayah juga ikut baca neh.. :D

12:02 AM  

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger