Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Saturday, November 07, 2009

Belajar Di Hari Libur

Pada hari Ahad (08/11/09) jam 8 pagi Kak Nani sudah datang, sementara anak-anak Amalia juga hadir untuk belajar di hari ahad. Belajar pagi itu sangat menyenangkan bagi anak-anak. Belajar dihari libur esensi bagi anak-anak adalah bermain. Bermain yang terarah membuat anak-anak mampu berfikir secara aktif. Kak Nani membagi anak-anak menjadi tiga kelompok. Belajar secara berkelompok memudahkan anak-anak untuk berinteraksi, yang sudah mengerti bisa mengajarkan kepada yang belum bisa. Anak-anak menjadi ramai dengan suara yang riuh.

Saya teringat ada seorang ibu pernah bertanya, bagaimana anak-anak lebih menyenangi kegiatan belajar?' 'belajar akan disenangi anak-anak apabila berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran.'jawab saya. 'bukankah hal itu sulit sekali dilakukan pada anak-anak?' tanya sang ibu. saya jelaskan pada sang ibu agar anak-anak berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran adalah memberikan anak-anak pengalaman melalui observasi atau praktek langsung. Jika kita ingin mengajarkan anak-anak tentang transaksi, cara yang mudah adalah mengajak anak-anak datang ke super market memperhatikan setiap kegiatan yang berada di super market, kemudian kita mensimulasikan kegiatan di super market.

Berikutnya menjadi bagian yang paling penting bagi anak-anak adalah kesempatan untuk berdialog. Berdialog dengan diri sendiri dan berdialo dengan teman-temannya. Selain mengobservasi dan mencoba sendiri, anak-anak juga perlu diberikan kesempatan untuk berpikir mengenai apa yang telah diperhatikan atau yang telah ditemukan melalui kegiatan prakteknya. Anak-anak juga perlu mengekspresikan apa yang telah dipikirkannya kepada teman-temannya dan kepada gurunya, baik dalam bentuk komentar maupun pertanyaan. Melalui dialog inilah anak-anak merangkai informasi seolah merangkai puzzle. informasi yang diterima semakin utuh dan tidak mudah untuk dilupakan.

Pada dasarnya otak kita memiliki memori jangka panjang dan jangka pendek. Informasi yang tidak diolah dan disimpan dalam memori jangka pendek maka cepat terlupakan. Sedangkan kegiatan yang menyenangkan dan nyaman dengan berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dialog akan tersimpan dalam memori jangka panjang sehingga dapat diakses kembali dan digunakan disaat situasi yang relevan dilain waktu. Itulah sebabnya belajar dihari libur esensinya adalah bermain. Bermain merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi anak-anak Amalia seperti pagi ini dihari Ahad.

----
'Niscaya Allah akan meninggikan orang2 yang beriman di antaramu dan orang2 yang
diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.' (Al Mujadilah: 11).

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger