Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Wednesday, February 24, 2010

Sholat Menata Akhlak

Allah berfirman, 'Dirikanlah sholat, Sesungguhnya sholat mencegah perbuatan keji dan munkar.' (QS. al-Ankabut:45). ayat ini menyiratkan bahwa sholat mencegah bagi kita yang melaksanakannya dari perbuatan keji dan munkar. jika tidak, sholat hanyalah gerakan olah raga tetapi tidak akhlaknya tidak makin membaik.

Dalam salahsatu hadist Qudsi Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, 'Aku hanya menerima sholat dari orang yang dengannya ia tawaduk pada keagunganKu, tidak menyakiti makhlukKu, berhenti maksiat padaKu, melewati siangnya dengan berdzikir kepadaKu, serta mengasihi orang fakir, orang yang berjuang dijalanKu, para janda dan orang yang tertimpa musibah.' (HR. al-Zubaidi).

Bukankah kita melihat hubungan antara sholat dengan akhlak, sifat tawadhu dan kasih sayang.? Maka jika sholat kita tidak membuat kita memiliki rasa kasih sayang terhadap orang lain, memaafkan orang-orang yang telah menyakiti hati kita dan peduli kepada penderitaan sesama berarti sholat kita tidak membuahkan hasil.

Anonymous rusni said.. :

Saya juga baca manfaat sholat dari segi kesehatan. Subhanawlah ternyata, gerakan sholat yang tepat + sholat pada awal waktu itu manfaatnya banyak buanget.
Pantas saja dulu di Madinah dokternya sampai nganggur.

8:17 PM  

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger