Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Sunday, June 27, 2010

Pengharapan (Raja')

Raja' adalah kepercayaan atas karunia Allah yang dibuktikan dengan usaha, bukan ketidakberdayaan diri atau hanya berangan-angan. Allah menganjurkan kepada kita agar berharap karuniaNya dan melarang kita berputus asa dari rahmatNya.

'Katakanlah, Hai hamba-hambaKu yang melampui batas terhadap diri sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. az-Zumar : 53).

Allah telah memberikan kabar gembira kepada kita semua bahwa rahmatNya meliputi segala sesuatu, sebagaimana firmanNya, 'Dan rahmatKu meliputi segala sesuatu.' (QS. al-A'raf ; 56).

Pengharapan (Raja') berbeda dengan berangan-angan (Tamanni) sebab orang yang berharap adalah orang yang mengerjakan sebab ketaatannya seraya berharap ridha dan dikabulkannya oleh Allah dengan melalui sebuah usaha secara sungguh-sungguh dan kerja keras sedangkan berangan-angan (Tamanni) hanyalah menunggu tanpa sebuah usaha sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Salam 'Dan orang yang lemah adalah orang yang selalu menuruti hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (HR. Tirmidzi).

Orang yang mengharap dan mencari rahmat Allah harus berusaha dengan sungguh-sungguh dengan ketulisan dan keikhlasan sampai kita memperoleh apa yang dicita-citakannya. Allah berfirman, 'Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang hijrah dan berjihad dijalan Allah, mereka mengharapkan rahmat Allah. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang' (QS. al-Baqarah : 218).

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger