Doa Memohon keteguhan Hati

'Ya Allah, tetapkanlah hatiku diatas agama Mu.' (HR. Ahmad, Ibnu Majah).

Anas ibn Malik mengatakan Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam sering membaca doa ini sehingga sahabatnya pernah ada yang bertanya kepada beliau. 'Ya Rasulullah, khawatirkah engkau atas agama kami? Padahal kami telah mengikuti dan membenarkan agama yang engkau bawa kepada kami?' Rasulullah kemudian menjawabnya, 'Sesungguhnya hati manusia itu berada di antara dua jari Allah, yang tidak sulit bagiNya membalikkannya.'

Doa memohon keteguhan hati yang lainnya yang juga biasa dibaca oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam adalah. 'Ya Allah, Tuhan yang membalikkan hati! Tetapkanlah hatiku atas agamaMu.' (HR. Ahmad).

Di dalam Kitab al-Fath ar Rabbani, al-Baidhawi menyebutkan 'Doa ini mengisyaratkan bahwa hanya Allahlah yang bisa membolak balikkan hati kita dan tidak tetapnya hati manusia berlaku bagi semua orang termasuk juga para Nabi. Tidak ada seorangpun yang bisa menjamin bahwa hatinya akan selalu terpaut dengan kebenaran. Berdoa memohon kepada Allah agar diberikan keteguhan hati adalah wajib bagi kita karena Rasulullah Muhamad Shalallahu Alaihi wa Salam sendiri sebagai utusan Allah meminta keteguhan hati kepada Allah.

0 Response to "Doa Memohon keteguhan Hati"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel