Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Tuesday, November 02, 2010

Sholat Sebagai Solusi

Hai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. (QS. al-Baqarah : 153).

Ayat ini menyiratkan bahwa Allah menyebutkan sholat sebagai sebuah solusi hidup ketika kita sedang ditimpa musibah, ujian dan cobaan. Sholat menguatkan hati kita dalam menghadapi berbagai masalah dan ujian hidup. Itulah sebabnya sholat bermanfaat bagi kita yang sudah merasa hidup ini menjadi sebuah beban yang berat seolah kita tidak sanggup memikulnya.

Sholat membuat hati kita menjadi tenteram dan nyaman, yakni hati yang dipenuhi dengan keridhaan dan kesabaran, urat syaraf mengendur sehingga kita merasakan ada kemesraan dan kecintaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Perasaan itulah yang menimbulkan ketenteraman dan kenyamanan disaat kita bermunajat kepada Allah disaat kita terpuruk dengan berbagai masalah dan cobaan hidup untuk segera diselesaikan, Maka kita memohon kepada Allah agar berkenan menghilangkan kesusahan, segala kecemasan, membuang segala kesedihan dan memberikan kesudahan yang indah dan mulia bagi hidup kita.

Dengan sholat kita merasakan kelezatan, ketenteraman, ketenangan dan kemenangan yang tidak disangka-sangka dari Allah, Tentu saja itu merupakan pertolongan terbesar dalam menghilangkan segala kesusahan hidup yang kita alami. Hal itu yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam ketika ditimpa musibah, ujian dan cobaan selalu dengan sholat memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah.

Apabila Nabi ditimpa sesuatu yang menyusahkan, beliau mengerjakan sholat. (HR. Abu Dawud).

*) Ringkasan On Air Radio Bahana 101.8 FM Jakarta Rabu, 03 Nov 2010

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger