Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Monday, December 27, 2010

Management Stress

Ada seorang dosen sedang memberi materi kuliah tentang management stress, dosen itu menangkat segelas air dan berkata kepada para mahasiswanya, 'Kira-kira seberapa berat apa segelas air ini?' Para Mahasiswa menjawabnya beragam, ada yang menjawab 'itu sih ringan.' yang lainnya menyebutnya hanya 30 gram tidaklah berat.

Sang dosen kemudian menjelaskan bahwa ini bukanlah berat absolut segelas air melainkan berapa lama anda memegangnya, 'bila kita memegang satu menit, tidak ada masalah. Bila satu jam saya memegangnya maka lengan saya sakit, bila satu hari penuh maka saya bisa pingsan, bila satu minggu, maka anda harus segera memanggil ambulan untuk saya.' 'Beratnya sama namun semakin lama kita memegangnya, beban akan semakin berat, Hal yang terbaik yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, sejenak beristirahat sebelum mengangkat kembali.' tutur sang dosen.

Teman, Hampir setiap hari kita sengaja membawa beban hidup kita terus menerus, akibatnya kita cenderung khawatir, susah, hidup terasa berat dan stress karena beban yang menekan kita. Semakin hari beban itu semakin berat karena kita khawatir esok hari. Allah mengingatkan kita agar kita menyerahkan segala beban hidup kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Kemampuan berserah diri kepada Allah inilah yang mampu membuat kita terhindar dari tekanan hidup yang berlebihan. Sebagaimana firmanNya.

'Bukankah Kami telah melapangkan dadamu? dan Kami pun telah menurunkan beban darimu yang memberatkan punggungmu dan Kami tinggikan sebutanmu bagimu. Sebab sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (urusan dunia) maka bersungguh-sungguhlah (dalam beribadah). Dan hanya kepada TuhanMulah kamu berharap. (QS. al-Insyirah : 1-8).

Blogger YOGI MARSAHALA said.. :

Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di web blog saya www.when-who-what.com

8:46 PM  

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger