Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Tuesday, October 04, 2011

Resep Hidup Sehat

Pernah di Rumah Amalia kedatangan seorang bapak yang usianya hampir mendekati 73 tahun namun badannya masih sehat dan kekar. Saya sempat bertanya pada beliau, "Bapak usia sudah hampir 73 tahun tapi masih sehat dan kekar, apa sih resepnya?" Beliau tersenyum dan mengatakan, "Resep hidup sehat itu adalah nrimo ing pandum."

Istilah "Nrimo ing pandum" artinya menerima apapun yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, apa yang menjadi hak kita, tidak serakah dan tidak mengambil punya orang lain. Berdasarkan riset atau penelitian tingkat harapan hidup yang tertinggi bukan hanya pola konsumsi makan namun lebih kepada gaya hidup, ternyata ditemukan selain konsumsi makanan serat melalui buah dan sayuran, pola hidup menerima dan mensyukuri kehidupan bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Kehidupan modernitas yang dipenuhi dengan ambisi, keserakahan, tidak puas dengan yang ada, iri terhadap apa yang orang lain capai dan bernafsu terhadap apapun adalah awal kehancuran diri seseorang. Mudah jatuh sakit dan depresi, itulah pola hidup yang keliru. Pola hidup sehat, kiranya kita diberikan kemampuan bisa menerima apa adanya, bersyukur dengan apa yang kita punya dan menjauhkan diri dari iri dengki terhadap orang lain dan menjauhkan diri dari keinginan untuk memiliki apapun yang bukan menjadi hak kita.

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger