Wednesday, September 10, 2008

Matikan TV, Perbanyaklah Baca Al-Quran

Pada bulan suci Ramadhan ini maraknya tayangan televisi yang dihiasi dengan para banci dan komedi yang justru mengurangi makna ibadah buat kita. alangkah baiknya mari kita matikan televisi dan kita perbanyak membaca al-Quran.

Memperbanyak membaca al-Quran berarti mendekatkan diri kepada Al-Qur'an adalah dengan cara membacanya, memahami maknanya, merenungi dan mengamalkan ajaran yang dikandungnya. Iman Al-Hasan Al-Bashri berkata " sesungguhnya orang-orang yang datang sebelum kamu menganggap Al-Qur'an itu seperti surat-surat dari Rabb mereka. Pada malam hari mereka selalu merenunginya dan pada siang hari mereka berusaha mengamalkannya.

Seorang sahabat Al-Qur'an senantiasa menanamkan perasaan cintanya kepada Al-Qur'an. Ibarat seorang yang sedang jatuh cinta, maka ia ingin selalu berada didekat kekasihnya. begitu juga dengan Al-Qur'an, hendaknya dijadikan sebagai pendamping setia hidup kita, dan selalu menumbuhkan rasa cinta kepadanya. Abdullah ibnu Mas'ud berkata "barangsiapa yang mencintai Al-Qur'an, berarti ia mencintai Allah dan Rasulullah".

Selain kepada Al-Qur'an, handaknya kita juga mendekatkan diri kepada sunnah nabi muhammad saw. karena Al-Qur'an dan Sunnah inilah yang diwariskan oleh rasulullah saw untuk menuntun hidup manusia. Mengikuti petunjuk yang terdapat di dalam Al-Qur'an dan sunnah nabi adalah merupakan pembuktian diri kita atas kecintaan dan ketaatan kita kepada Allah swt dan rasulullah saw. ini sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah swt di dalam surat An-Nisa' ayat 59 :

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri (pemimpin) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya".

1 comment:

Tedy S said...

Saya setuju dengan pendapatnya, saya dapat tulisan bagus dari teman (disadur dari eramuslim) dapat dilihat di blog saya abufarhanst.blogspot.com

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...