Cara Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an

Cara mudah belajar membaca Al-Qur'an itu secara garis besar seseorang harus menguasai 5 hal berikut:

1. Menguasai huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf berikut makharijul hurufnya. Hal ini dikarenakan untuk bisa membaca Al-Qur'an, 90 % ditentukan oleh penguasaan huruf hijaiyyah dan selebihnya 10 % lagi sisanya seperti tanda baca, hukum dan lain–lain. Namun saat ini metode menghafal huruf hijaiyyah 28 huruf dapat dilakukan lebih cepat seperti menggunakan metode titian kata, tanda bentuk, dan sebagainya).

2. Menguasai tanda baca (a, I, u atau disebut fathah, kasrah, dan dhommah). Tanda baca di dalam huruf hijaiyyah ternyata sama dengan cara kita mengeja huruf latin dengan istilah vocal (huruf hidup). Hanya perbedaannya di dalam huruf Arab Cuma mengenal vocal A, O, I, dan U, sedangkan huruf latin terdapat vocal E. jika di huruf latin huruf B bertemu dengan U menjadi BU, maka sama juga dengan huruf Arab, Ba’ sama dengan huruf B jika bertemu tanda Baca U (dhommah) maka dibaca BU.

3. Menguasai isyarat baca seperti panjang, pendek, dobel (tasydid), dan seterusnya. Isyarat baca panjang dan pendek Al-Qur'an sama juga seperti kita mengenal ketukan di dalam tanda lagu. Karena Al-Qur'an juga mengandung unsur irama lagu yang indah.

4. Menguasai hukum-hukum tajwid seperti cara baca dengung, samar, jelas dan sebagainya. Begitu pula tidak ada kesulitan dalam belajar tajwid karena sudah ditemukan formulasinya seperti cukup menghafal tanda dan cara bacanya, bahkan kalau tidak ingin repot sudah disusun Al-Qur'an plus tajwid menggunakan tanda warna-warni bagi mereka yang belum bisa. Latihan yang istiqamah dengan seorang guru yang ahli. Di dalam membaca al-Qur’an, setiap Qori’ (pembaca Al-Qur'an) harus membacanya sesuai dengan hukum tajwid seperti makharijul huruf (tempat keluarnya huruf), tanda baca, panjang pendek, hukum nun mati dengung, samar, jelas dan sebagainya. Selain itu di dalam membaca Al-Qur'an terdapat dua irama yaitu murattal (membaca perlahan-lahan tanpa menggunakan irama lagu) dan tilawah atau nagham yaitu membaca menggunakan irama tertentu.

Selamat mencoba...

8 Responses to "Cara Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an"

ath-thohiriyyah said...

assalamu;alaikum

saya sependapat dengan tulisan anda. simpel, dan komprehensip. kunjungi web kami www.thohiriyyah.com

wassalamu'alaikum

Anonymous said...

yg kelima mana?

Waluyo Al-Fadhil said...

Betul sekali Pak, bahkan hanya dalam tiga tahap 1. Mengenal huruf 2. Mengenal Tanda 3. Latihan, tidak harus berjilid-jilid cukup 13 halaman insyaallah sudah bisa baca Al-Quran lihat di http://belajarbacaquran.webs.com

Anonymous said...

Assalaamu'alaikum Wr.Wb.


mw tnya ..........


saya bru aja nikah,....

dan Alhdlh uda mw dikaruniai momongan,yg mw sya tnyakan.....

dlm kndsi istri hmil 3 bln..
apakah uda jawib janin yg di zakati

trims

duyik

Anonymous said...

Assalaamu'alaikum Wr.Wb.


mw tnya ..........


saya bru aja nikah,....

dan Alhdlh uda mw dikaruniai momongan,yg mw sya tnyakan.....

dlm kndsi istri hmil 3 bln..
apakah uda jawib janin yg di zakati

trims
wassalamu'alaikum

duyik
(putradimazt@yahoo.com)

Ari Ramadhan said...

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Saya sependapat dengan ulasan diatas, ikuti pelatrihan cara mudah belajar Al-Qur'an bersama Ustadz Ari Ramadhan. Melalui Methode pelangi dan aplikasi komputer. Semua orang bisa belajar dengan mudah. Kunjungi www.arirkm.com Trims. Wassalam

Traditional Medicine said...

Melalui blog Pak Agus Syafii,semoga banyak menarik orang belajar Al Quran.

Scanner Barcode Murah said...

pa terimakasih materinya! semoga banyak orang yah sering membaca alquran

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel