Kotak Kebahagiaan

Pernah saya berkunjung ke rumah teman. Di keluarga yang saya kunjungi hampir selalu saja nampak wajah tersenyum. Dari status sosial keluarga ini terbilang sederhana namun senantiasa ikhlas dan bersyukur atas nikmat yang diberikan Alloh padanya.

Saya tanyakan padanya bagaimana mengelola keluarga sebaik ini. Teman tersebut bertutur bahwa dirinya dan keluarga sepakat untuk mengasuh anak yatim sekalipun anak yatim itu tidak tinggal bersama mereka. Setiap bulan dia dan istrinya bersama anak-anaknya menyisihkan rizkinya yang dimasukan ke dalam “kotak kebahagiaan.” Setelah uang itu terkumpul maka dishodaqohkan kepada anak yatim.

Tatkala ada salah seorang dari keluarganya yang sakit atau sedang dilanda masalah maka ketika menshodaqohkan pada anak yatim itu dengan niat supaya orang yang sakit segera diberikan kesembuhan dan yang terkena masalah segera dimudahkan untuk memecahkan masalahnya.

“Apa yang terjadi mas Agus?” katanya. “Hasilnya sungguh luar biasa, orang yang sakit bisa disembuhkan dan orang yang dalam masalah dimudahkan memecahkan masalahnya.” Tuturnya dengan wajah berseri-seri. “Maka itulah kotak sodaqoh itu kami memberi nama Kotak Kebahagiaan bagi keluarga kami” ucapnya.

----

Aswad bin Yazid meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW bersabda, “Obatilah orang yang sakit dengan shodaqoh dan bentengilah harta kalian dengan zakat dan siapkan untuk bala’ dengan doa (HR Baihaqi).

1 Response to "Kotak Kebahagiaan"

Anonymous said...

tulisan anda sangat menginspirasi...terima kasih, mudah2an saya juga bisa membuat satu kotak kebahagiaan di rumah saya

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel