Tuesday, October 06, 2009

Kehancuran Membawa Berkah

Malam temaram menyelimuti jalanan. Penjual asinan melenggang tak peduli. Terdengar suara anak-anak Amalia sedang menghapal surat-surat pendek. Nasir tampak tubuhnya lemas duduk diatas kursi biru seolah tak bertulang. Secangkir teh manis disuguhkan istri saya hanya dipandanginya. Hatinya sedang gelisah ditengah usahanya yang sedang menghadapi kesulitan.

Awalnya dengan susah payah Nasir merintis usahanya demi mencari sesuap nasi untuk menghidup keluarganya. Berkat keuletannya dan ketekunannya menghasilkan kesuksesan. Kehidupan baga roda berputar. Demikian dengan usahanya Nasir. Setelah usahanya mencapai puncak kesuksesan justru mulai surut dan akhirnya ambruk. Katanya, usahaku ambruk karena ditipu teman-temanku mas..' Kehancuran itu hampir pada titik nadir yang mengenaskan. Nasir berusaha untuk bertahan. 'Aku sadar mas..bahwa hidup ini selalu mengelinding berputar bagai roda,' ucapnya malam itu.

Dalam keadaan ekonominya hancur, saya selalu mengingatkan kepadanya, 'Ingatlah Sir, kesuksesan bukan hanya karena usaha kita semata namun juga keyakinan kita kepada Alloh SWT. Jadi memohonlah kepadaNya, jangan putus asa.' Dia yang nampak lemah lunglai terlihat ada secercah harapan. Menurut pengakuannya waktu dirinya ditengah kesuksesan sempat melupakan Sang Khaliq. 'Ngaji, sholat..nanti dulu ah..hanya menghabiskan waktu.' Kenang Nasir.

Nasir sejak malam itu telah menemukan berkah dari kehancuran usahanya, dia berusaha tiada henti agar bisa menemukan jalan mengatasi berbagai kesulitan yang dhadapinya. Berkah doa dan ikhtiarnya akhirnya dia bisa terus mantap menekuni bidangnya tanpa mengeluh kekurangan dan penghasilan yang diterimanya. Berkah lainnya dia berkesempatan melanjutkan studinya. Untunglah keputusasaannya tidak berjalan lama. 'Alhamdulillah ya mas. ketika itu saya tidak sampai lepas dari tauhid dan tali Alloh.' katanya.

Beberapa hari setelah lebaran Nasir datang ke Rumah Amalia dengan membawa bingkisan untuk anak-anak Amalia. Bersama anak dan istrinya, Nasir terlihat bergembira. Pelajaran yang begitu indah, dari sebuah kehancuran usahanya ternyata banyak berkah yang Alloh berikan kepada Nasir dan keluarganya. Selain usahanya sekarang lebih baik namun juga keluarganya lebih harmonis dan bahagia yang dihiasi dengan meningkatnya iman dan taqwa bagi Nasir dan keluarganya. Subhanallah..

---
'Barangsiapa yang bertaqwa kepada Alloh, niscaya Dia akan memberiNya jalan keluar dan memberiNya rizki dari arah yang tidak terduga. Dan Barangsiapa yang berserah diri kepada Alloh, niscaya Dia akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Alloh melaksanakan urusan yang dikehendakiNya. Sesungguhnya Alloh telah mengadakan ketentuan tiap-tiap sesuatu. Dan siapa yang bertaqwa kepada Alloh, niscaya Dia menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. Dan Barangsiapa bertaqwa kepada Alloh, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan melipatgandakan pahalanya. (QS 65:2-3).

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...