Thursday, April 13, 2006

Trip Observasi (TO) SMA Labschool Cinere

Mahasiswa melakukan praktek KKN (kuliah kerja nyata) di pedesaan itu wajib dilaksanakan dan sudah biasa. Namun, bagi siswa-siswi SMA terjun ke desa tinggal di rumah-rumah penduduk selama beberapa hari dan melakukan bakti sosial, adalah suatu hal yang baru. Kegiatan yang diberi nama Trip Observasi (TO) ini dilakukan oleh sebuah sekolah unggulan di bilangan Cinere, Depok, Jawa Barat. Inilah salah satu trik jitu yang dilakukan SMA Labschool Cinere, agar siswa jebolan Labschool tidak saja pintar, tapi juga memiliki karakter pribadi yang mandiri. TO SMA Labschool Cinere seperti halnya yang dilakukan oleh SMA Labschool Kebayoran, SMA Labschool Rawamangun.


Kegiatan TO boleh dibilang program uji nyali bagi siswa yang biasa hidup enak di rumah, dimanja oleh keluarga atau bebas melakukan sesuai keinginan. Karena, melalui kegiatan TO diajarkan untuk hidup melebur dengan teman-teman yang berbeda kelas dan strata sosial. Mereka juga diharuskan mengikuti program-program kerohanian, penelitian, kepedulian masyarakat desa serta pengembangan jati diri dan leadership.

lihat photo lengkapnya

2 comments:

aRdho said...

halo pak...

wah.. saya kangen TO.. :(

saya anak ex-Labs Kebayoran.. salam buat pak guru yg main bola bareng pas main bola pas TO Cinere Labschool.. :D

dono r sardadi said...

saya alumni lab school asli (rawamangun, yg sekarang sdh tiada lagi, wktu jaman pak arief rahman sbg kepsek), zaman saya dulu TO sdh merupakan tradisi, dan memeang menurut saya sgt bermanfaat. Dulu saya berfikir.."wah kita sejajar nih sama kakak2 kuliahan, walaupun waktunya lbh sebentar"..he..he, rasanya bangga melakukan penelitian di pedesaan, padahal msh SMA. Bahkan untuk mendapatkan ijasah SMA, kita wajib membuat semacam skripsi, yg jg diuji oleh guru2 kita yg dipilih sesuai dgn skripsi mini kita...pokoknya lab school memang ok..!!

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...