Sunday, September 05, 2010

Penderitaan Membuat Kita Menjadi Kuat

Pernahkah anda ketika sedang bersemangat menjalankan ibadah dan merasa nyaman sebagai orang yang beriman malah datang ujian dan cobaan yang bertubi-tubi. Tanpa kita sadari dihati kecil mengatakan, ' Ya Allah bukankah aku sedang berusaha menjadi hambaMu yang taat, kenapa Engkau malah mengirimkan ujian dan cobaan dalam hidup? Setiap hari aku berdoa, sholat dan berpuasa dibulan suci ramadhan ini, kenapa Engkau berikan penderitaan dalam hidupku?

Semakin tinggi iman seseorang bukanlah berarti sudah tidak ada lagi ujian, cobaan dan penderitaan yang terjadi malah semakin berat ujian yang Allah berikan kepada kita. Semua itu bertujuan agar kita menjadi kuat. Iman yang kuat tidak akan roboh oleh ujian, cobaan dan penderitaan malah semakin mengokohkan di dalam hati kita bahwa hidup kita berada di dalam kuasa dan kehendak Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Tetapi bila iman hanya sebatas bibir, sedikit ujian akan membuatnya jatuh tersungkur dan kembali kufur.

'Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga padahal belum datang kepadamu cobaan sebagaimana halnya orang-orang yang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan dengan berbagai macam cobaan sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, 'Kapankah datangnya pertolongan Allah?' Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu sangatlah dekat. (QS. al-Baqarah : 214).

Oleh sebab itu Allah menimpakan penderitaan kepada hambaNya untuk membuktikan apakah iman anda benar-benar kuat ataukah hanya sebatas bibir saja. Apakah anda ingin mendapatkan cinta Allah agar mencapai kebahagiaan yang hakiki? Semua itu tidaklah mudah. Kita harus menjalani kehidupan yang berat ini. Setiap tetesan air mata adalah permata dan setiap penderitaan adalah kekuatan. Berkah ini adalah rahmat yang besar dari Allah bagi orang-orang yang beriman.

'Tidaklah seorang Muslim menderita karena kesedihan, penderitaan, kesusahan, kepayahan, penyakit dan gangguan dari yang menusuk tubuhnya kecuali dengan itu Allah mengampuni dosa-dosanya.' (HR. Bukhari).

Jadi sebenarnya anda harus bersyukur jika diberi ujian, cobaan dan penderitaan. Itu bertanda Allah telah memilih anda untuk menjadi kuat, agar membimbing dan menuntun orang lain menuju jalan yang benar, dijalan yang diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

1 comment:

Wiyono said...

mantabbb banget om

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...