Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Thursday, January 11, 2007

Jangan Abaikan Hal Yang Sepele

Pada khutbah jumat yang lalu dimasjid raya Cinere, khatibnya bertutur dengan menarik tentang “Jangan Abaikan Hal Yang Sepele.” Pada suatu hari ada seekor tikus yang keluar dari sarangnya pergi kelumbung pagi, tikus itu melihat ada jebakan tikus. Si tikus berlari menemui ayam dan menceritakan bahwa dilumbung padi ada jebakan tikus yang berbahaya. Ayampun cuek mendengar cerita tikus.

Tikus berlari menemui kambing dan bercerita bahwa dilumbung padi ada jebakan tikus, kambingpun cuek. Tikus berlari lagi menemui sapi dan menceritakannya, sapi-pun cuek. Tikus berlari menemui ular dan menceritakannya, ularpun cuek. Sampai akhirnya pada pagi hari, pak tani pergi kelumbung padi untuk melihat jebakannya apakah mendapatkan tikus. Ternyata yang terjebak bukan tikus melainkan ular. Melihat pak tani datang, ular marah dan mematok kaki pak tani. Pak tani membalasnya dengan menebaskan goloknya dan ularpun mati.

Melihat kakinya kena bisa pak tani pergi kedokter. Kata dokter supaya cepat sembuh mesti makan yang bergizi, begitu pulang pak tani memotong ayamnya. Lukanya ternyata nggak sembuh-sembuh, dipanggillah pak kyai untuk mendoakan kesembuhannya maka dipotonglah kambing. Sakitnya pak tani makin parah dan akhirnya pak tani meninggal dunia, orang-orang sekampung pada datang untuk menyelawat maka dipotonglah sapinya.

Pesan cerita diatas, Awalnya musibah itu hanya menimpa ular namun toh akhirnya ayam, kambing dan sapi juga jadi korban. Jangan sampai karena bukan kita jadi korban kemudian kita tidak ambil pusing, toh..akhirnya kita juga kena getahnya.

Blogger pyuriko said.. :

Kadang kita menganggap sepele, terhadap sesuatu yang kecil.

Karena mungkin sesuatu yang kita anggap sepele, menjadi masalah besar dalam hidup.

10:31 PM  
Anonymous auliahazza said.. :

sama donk sama tetangga saya, menganggap sepele soal flu burung, sampai sekarang masih pelihara ayam dan berkeliaran kemana saja.

3:13 AM  
Anonymous Desti said.. :

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ini tulisan yg di milis TamanBintang kan?
Bagus, jadi saya forward ke milis alumni skul. Mohon ijinnya ^_^

10:58 PM  
Blogger agussyafii said.. :

kalo masalah dianggap sepele, begitu besar malah kaget ya iko..

11:04 PM  
Blogger agussyafii said.. :

bener aulia,
jangan anggap sepele flu burung..

11:05 PM  
Blogger agussyafii said.. :

silahkan desti..

11:05 PM  

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger