Monday, September 11, 2006

Berhentilah Berfikir

Setiap kali ada kawan yang datang pada saya dengan segudang cerita masalahnya berharap masalahnya selesai dengan mndengarkan nasehat atau petuah saya. Padahal saya sendiri jika ada masaalah belum tentu saya bisa menyelesaikan masalah saya sendiri. Lantas kenapa saya mesti memberi nasehat pada orang lain. Begitulah pertanyaan kritis saya terhadap diri sendiri.

Pada satu kesempatan saya pusing dengan masalah saya yang tak kunjung selesai bertanya pada bapak. Bapak saya menyarankan, “Berhentilah berfikir.” Saya terhenyak mendengar jawabannya. Wah gawat nih saya kalo disuruh berhenti berfikir. Kata saya dalam hati.

Sejak itu saya berusaha mencari makna, apa maksudnya berhenti berfikir. Sampai kemudian datang kawan yang biasa datang dengan segudang masalah itu. Selesai bercerita dia bertanya apa solusinya. Saya katakan, “apa menurutmu makna berhentilah berfikir?” Seminggu kemudian kawan itu datang lagi, dia tidak bercerita. Hanya mengatakan, hari ini saya sudah berhenti berfikir loh.”

Apa ya maksudnya berhentilah berfikir?

6 comments:

ardhiauliya said...

pada saat baca posting ini saya sedang stress karena banyak masalah. lalu saya coba untuk "tidak berpikir". alhamdulillah stressnya berkurang dan akhirnya saya bisa memilah milah masalah untuk diselesaikan. Jadi maksudnya berhenti berpikir itu ternyata berhenti memikirkan masalah kita (cuekin aja, emang gue pikirin).

QZoners said...

Yah, ada yang pernah bilang, hidup itu buat aja mengalir kayak air. Hehehe... easy going aja, semuanya dibuat gampang.

danu said...

saya sedang tidak berpikir untuk memikirkan apa yang sedang saya pikirkan untuk menulis komen disini, halah... *garuk-garuk kepala mikir-gak-mikir*

bph_respati said...

Orang curhat kadang2 tidak nyari solusi, hanya dengan problemnya diketahui orang deketnya paling tidak bisa meringankan beban.

Berpikir identik dengan berlari. kalau capek ya berhenti. kalau sudah seger ya lari lagi. Tapi sepanjang yang saya alami ketika kita berhenti berfikir (relaksasi)-kalo Einstein capek mikirin relativitas dia main biola-, pikiran "bawah sadar" tetap bekerja (settling). Nah ketika relaksasi itulah kadang muncul solusi. Kalau saya boleh sebut inilah intuisi. Kalau saya boleh menyarankan jangan takut berfikir.
Salam-
bph_respati

Pipi said...

ingin berhenti berpikir dari hal-hal yang seharusnya tidak dipikirkan .. tapi tetap saja hal itu terpikirkan di pikiran ini >_<

Setan said...

Apa ya maksudnya berhentilah berfikir?

membuat saya geram kepada anda, karena saya nggak jadi berhenti berfikir karena anda bertanya kepada saya.

Sekarang sayaberhenti berpikir dan bertanya kepada anda supaya anda berpikir dengan pertanyaan saya...

Kamu suka ya buat orang berpikir dengan memberikan informasi gantung seperti itu?

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...