Tuesday, June 10, 2008

Halal Itu Berkah

Pernah satu hari ketika Saya, istri dan Hana mampir makan ke salah satu waralaba yang terkenal masakan Jepang. Disaat hendak masuk istri saya berkata, "Mas, denger-denger makanan disini belum ada sertifikat halalnya lho.." "gitu ya.."tanya saya. "Kalo gitu kita cari aja makanan yang jelas halalnya ya.." Jawab istri saya. Begitulah kami selalu menjaga makanan yang kami makan dan bagaimana kami mencari rizki bukan hanya sehat namun juga halal. Apalagi jika diperuntukan Hana putri kami. Kecintaan buat kami memberikan makanan bukan hanya sehat tetapi juga halal sebab dengan halal itulah hidup menjadi keberkahan.

Perilaku manusia juga dipengaruhi oleh pola konsumsi. Makanan yang bergizi akan berpengaruh positif pada kemampuan fisik dan mental, makanan yang kurang bergizi akan membuat orang lemah fisik dan bisa juga lemah mental. Demikian juga makanan yang halal akan membuat konsumennya memiliki etos halal dan mudah melakukan perbuatan yang halal , resisten terhadap perbuatan yang haram. Sebaliknya makanan yang haram meski bergizi akan mendorong konsumennya mudah melakukan perbuatan haram. Kata Nabi dalam hadisnya, bahwa sepotong daging dalam tubuh kita yang berasal dari makanan haram akan mendorongnya pada perilaku yang menggiring kita ke neraka (qith`at al lahmi min al haram ahaqqu ila an nar). Kata nabi juga, syaitan itu berjalan dalam tubuh manusia mengikuti jalan peredaran darahnya. Artinya orang yang hidupnya dibesarkan oleh produk syaitan (kejahatan) maka ia akan selalu terseret pada perbuatan syaitan (kejahatan).

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...