Monday, July 12, 2010

Siapa Yang Salah?

Ada seorang kondektur kereta api sedang memeriksa karcis penumpang. Ketika memeriksa penumpang pertama ia mengatakan 'Pak, anda naik kereta api yang salah.' Ketika kondektur memeriksa penumpang yang lainnya ia juga mengatakan hal yang sama.

'Tadi menjaga peron memberitahukan kepada saya naik kereta api yang ini Pak Kondektur,' jawab salah satu penumpang. 'Baik, saya akan memeriksa karcis satu lagi.' kata Kondektur. Kondektur itu memeriksa karcis itu kembali dan ia baru menyadari bahwa dirinyalah yang salah naik kereta api.

Pesan kisah diatas barangkali ada orang yang terlalu sibuk untuk menyalahkan orang lain sampai ia lupa untuk memeriksa keadaannya sendiri, bisa jadi apa yang dilakukannya juga belum tentu benar. Alangkah indahnya bila kita sama-sama mampu untuk melihat segala sesuatunya secara jernih tidak serta merta menyalahkan orang lain dan keberanian mengoreksi diri sendiri mungkin saja diri kita sendiri yang salah justru malah lebih berguna bagi diri sendiri seperti yang dilakukan oleh Pak Kondektur.

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shalallhu Alaihi wa Salam bersabda, 'Jika ada orang yang berkata, banyak orang (sekarang ini) sudah rusak, maka orang yang berkata itu sendiri yang paling rusak diantara mereka.' (HR. Muslim).

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...