Permainan

Dulu sewaktu saya SMA suka sekali dengan bermain catur. Sampai saya pernah ikut porseni setingkat propinsi. Permainan catur sungguh menyenangkan, terkadang jika saya kalah atau menang membuat saya tidak bisa tidur. Jika saya kalah tidak bisa tidur, semalaman saya berpikir kenapa saya bisa kalah. Dan jika saya menang, saya juga berpikir penuh kebanggaan memuji diri betapa hebatnya saya bisa menang. Begitulah permainan selalu memabukkan.

Demikian halnya dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari permainan. Pernah suatu hari dikantor kedatangan tamu sosok cantik yang berkerudung. Dia muntahkan semua apa yang dipikiran dan hatinya akibat kekalahan. Saya bisa merasakan kekalahan itu membuatnya tidak bisa tidur sepanjang hidupnya selama berpikir dirinya kalah karena ada pencuri kemenangan diluar diri.

Kemenangan adalah penting namun lebih penting lagi bagaimana bermain cantik, tidak lagi berpikir menang atau kalah. Apa lagi berpikir memenangkan permainan dengan segala cara. Dengan demikian kemenangan atau kekalahan menjadi indah dan menarik yang mengundang simpati masyarakat.

Rasanya saya merasa beruntung, bisa menikmati hidup dengan mengalir sebagai penonton yang baik, sambil mengajar mengaji anak-anak dirumah sudah cukup membuat saya bahagia.

0 Response to "Permainan"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel