Manfaat Tidur Sehat

'Dan Kami jadikan tidurmu sebagai pelepas lelah bagimu.' (QS. An-Naba':9). Tidur sebagaimana Rasulullah merupakan tidur yang ideal dan sempurna. Mendatangkan manfaat bagi kesegaran dan kesehatan fisik kita. Rasulullah mencontohkan cara tidur sehat.

1. Bersiwak atau menggosok gigi. Sebelum tidur selalu memiliki kebiasaan untuk bersiwak atau menggosok gigi. Menggosok gigi merupakan pekerjaan ringan namun memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu menjaga kesehatan mulut dan gigi, menghilangkan bau mulut dan mendapatkan ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala sebagaimana sabda Rasulullah.

'Siwak (menggosok gigi) membersihkan mulut dan diridhoi Allah (HR. Ibnu Khuzaimah).

2. Berwudhu. Rasulullah sebelum membaringkan tubuhnya selalu berwudhu terlebih dahulu. 'Jika engkau mendatangi pembaringanmu hendaklah berwudhu sebagaimana engkau berwudhu ketika hendak sholat. (HR. Bukhari).

3. Membersihkan tempat tidur. Ubay bin Ka'ab menuturkan kepada kita bahwa Rasulullah bersabda, 'Jika salah seorang diantara engkau mendatangi pembaringannya, hendaklah mengibaskan kasurnya dengan ujung kain (untuk membersihkannya) serta menyebut Asma Allah sebab dia tidak tahu kotoran apa yang melekat pada kasurnya (HR. Muslim).

4. Tidur dengan alas sederhana. Pada suatu hari Umar Bin Khattab menemui Rasulullah lantas beliau mengubah posisinya, Umar melihat tidak ada kain yang melindungi tubuh Rasulullah dari tikar yang dipakai berbaring. Ternyata tikar itu membekas ditubuh Rasul. Umarpun menangis.

Rasulullah bertanya, 'apa yang membuatmu menangis wahai Umar?'

Umar menjawab, 'Demi Allah karena aku tahu bahwa engkau lebih mulia disisi Allah daripada raja Kisra maupun kaisar. Mereka berpesta pora di dunia sesuka hatinya. Sedangkan engkau utusan Allah namun engkau sungguh memperihatinkan sebagaimana yang aku saksikan.'

Rasulullah bersabda, 'Tidakkah engkau ridho Ya Umar, kemegahan dunia ini diberikan pada mereka dan pahala di akherat bagi kita.'

Umar menjawab, 'Benar Ya Rasulullah,' 'Demikianlah adanya,' jawab Rasulullah. (HR. Ahmad).

5. Berdoa sampai tertidur lelap. Jika hendak berbaring, hendaklah berbaring dengan bertumpu pada rusuk kanan dan mengucapkan doa, 'Maha Suci Engkau Ya Allah, Ya Robbi, dengan menyebut namaMu aku meletakkan tubuhku dan menyebut namaMU aku mengangkat kembali. Jika Engkau mengambil ruhku, maka berikanlah rahmat padanya. Tetapi bila Engkau melepaskannya maka peliharalah sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang sholeh (HR. Muslim).

0 Response to "Manfaat Tidur Sehat"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel