Kasih Sayang Anak

Tadi sore saya sengaja pulang lebih cepat karena malam hendak menghadiri undangan. Pawai sekolahnya Hana diikuti oleh teman-temannya. Hana kelihatan dengan senyum cerianya. Bila pagi saya mengantar ke sekolah, saya suka mendengarkan Hana berdoa. Suara terdengar paling keras diantara teman-temannya.

Setelah selesai pawai Hana sempat bertanya pada saya, 'Ayah, hewan apa yang bersaudara yah?' Mendengar pertanyaan Hana, saya sempat berpikir lama. 'Apa ya?' saya berpikir agak lama. 'Nyerah yah?' tanya Hana. 'Iya deh ayah nyerah,' jawab saya. 'hewan yang bersaudara itu adalah katak beradik..yah,' kata Hana dengan bangga sebab ayahnya tidak tahu jawabannya. Hana merasa lebih pintar dari ayahnya.

Begitulah kasih sayang seorang anak pada ayahnya, selalu saja punya pertanyaan baru, cerita baru dan ide-ide baru yang senantiasa ingin berbagi kepada kita sebagai orang tua. Pertanyaan yang dilontarkan memang sederhana namun memiliki muatan psikologis yang teramat dalam yang berkaitan dengan kosep diri sang anak.

Bila pertanyaa, cerita atau ide sang anak, kita bisa menghargainya maka anak akan tumbuh dengan kepercayaan diri dan memiliki rasa optimis dalam menyikapi dalam permasalahan hidup. Hubungan anak dengan orang tua apabila hangat dan penuh cinta kasih maka anak juga memperlakukan orang dengan hangat dan cinta kasih namun jika anak diperlakukan dengan kebencian maka anak juga akan memperlakukan orang lain penuh kecurigaan dan kebencian.

Sekecil apapun bentuk kasih sayang anak kepada kita sebagai orang tua berarti memberikan dorongan dan motivasi bagi anak-anak kita. tadi sebelum saya berangkat, saya melihat Hana dengan penuh semangatnya menabuh drumnya bersama teman-temannya sambil melambaikan tangannya ke arah saya. Itulah kasih sayang anak kepada kita, sungguh indahnya.

----
Rasulullah mencium Hasan atau Husain (cucu beliau) maka abshar Al-Aqra' bin Habis berkata: 'Sesungguhnya saya mempunyai sepuluh anak, namun tidak ada seorang pun yang pernah aku cium.' Maka berkata Rasulullah. 'Sesungguhnya barang siapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayangi.' (Hadits Riwayat At-Tirmidzi)

0 Response to "Kasih Sayang Anak"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel