Monday, August 03, 2009

Kesehatan Jiwa

Ketika dokter menyatakan dirinya menderita tekanan darah tinggi, seorang pasien langsung mengatakan kepada sang dokter. 'Tekanan darah tinggi saya ini datang dari keluarga saya, dok.."

'Dari keluarga ayah atau ibu?'

'Bukan dari dua-duanya,tapi dari keluarga istri saya' jawab pasien.

'Wah, kok bisa? Bagaimana mungkin anda bisa terkena darah tinggi yang bukan keturunan dari keluarga anda ya?' kata Sang dokter kebingungan.

Pasien itu menarik napas dalam sambil mengatakan, 'Sayang..pak dokter belum pernah bertemu dengan mereka sih..'

begitulah diri kita, batin yang tertekan mempengaruhi kesehatan tubu kita. kesehatan badan kita tidak dapat dipisahkan dari kesehatan jiwa kita. Apa yang terjadi pada batin kita akan mempengaruhi kondisi badan kita. Batin yang sakit menyebabkan tubuh kita juga menjadi sakit.

Seringkali kita berpikir bahwa mencegah penyakit hanya dengan melalui olah raga, makan yang bergizi dan menjaga kebersihan. Kita lupa sesuatu yang begitu penting bagi jiwa yaitu menjaga pikiran dari berburuk sangka pada orang lain dan mendoakan orang-orang disekeliling kita, menebarkan senyuman kepada setiap orang yang dijumpai itulah yang membuat jiwa kita menjadi sehat.

---
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tentram dengan mengingat Alloh. Ingatlah, hanya dengan mengingati Alloh-lah hati menjadi tenteram (QS: Ar Ra'd: 28 )

1 comment:

Sherlock Holmes said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...