Thursday, December 08, 2011

Syarat Doa Terkabul: Rizki Yang Halal Dan Baik

Sahabatku, Apa syarat agar doa kita mudah terkabul? Rasulullah bersabda, "Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya Allah adalah Maha Baik dan tidak akan menerima dari hamba-hambaNya kecuali yang baik pula. Dan sesungguhnya Dia memerintahkan orang-orang Mukmin untuk mengamalkan apa yang diperintahNya kepada para Rasul." Lalu beliau membacakan Firman Allah, "Wahai Para Rasul, makanlah makanan yang baik dan kerjakanlah amal yang shaleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa-apa yang kamu kerjakan." (QS. al-Mukminuun: 51). dan "Wahai orang-orang beriman, makanlah diantara rizki yang baik, yang Kami berikan kepadamu." (QS. al-Baqarah:172). Beliau bercerita tentang seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, tubuhnya penuh keringat dan debu dan dia selalu menengadahkan tangan ke langit sambil mengatakan, "Ya Allah..Ya Allah," tetapi makanan, minuman dan pakaian dari yang haram, beliau bersabda, "Bagaimana mungkin doa orang seperti ini akan dikabulkan oleh Allah?" (HR. Muslim, at-Tirmidzi, Ahmad).

Sahabatku, Rasulullah telah mengingatkan kita agar kita senantiasa memakan makanan yang halal dan baik, meminum minuman yang halal dan baik pula. Menjauhi apa yang diharamkan. Firman Allah, "Wahai Para Rasul, makanlah makanan yang baik dan kerjakanlah amal yang shaleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa-apa yang kamu kerjakan." (QS. al-Mukminuun: 51). Ayat itu menjelaskan bahwa kita diwajibkan untuk mendapatkan rizki, makanan, minuman dan pakaian yang kita peroleh adalah rizki yang halal dan baik, didapat dengan cara yang halal dan baik juga, agar doa kita dikabulkan oleh Allah.

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...