Saturday, September 12, 2009

Kerendahan Hati

Ketika Tomy baru masuk sekolah dasar, dia ditanya oleh gurunya. 'Nama kamu siapa?'

'Nama saya Tomy,' jawab sang murid.

Pak guru marah karena merasa dipermainkan dan berkata kepada murid baru itu, 'Kalau sama guru, kamu harus sopan. harus pakai 'pak', mengerti? Coba ulangi lagi, nama kamu siapa?'

Dengan wajah gemetar dan gugup karena dilihat teman-temannya satu kelas Tomy menjawab 'Nama... nama saya Pak Tomy.'

Kerendahan hati satu suku kata yang sudah mulai memudar dalam kehidupan kita sehari-hari. Seringkali kita menjumpai justru sikap tinggi hati. hampir setiap hari anak-anak kita dipertontonkan pertengkaran para orang tua, pertikaian para pemimpin yang beranggapan dirinya paling benar.

Anak-anak kita membutuhkan rasa percaya diri yang timbul dari dalam. sebuah teladan sikap kerendahan hati. Salah satu bahan karakter yang paling penting menuju kemuliaan hidup adalah kerendahan hati. Kerendahan hati juga merupakan salah satu indikator dari tinggi kecerdasan emosional seseorang. Seseorang yang belum bisa menunjukkan sikap kerendahan hati berarti belum mencapai kedamaian dengan diri sendiri seperti yang digambarkan pada cerita diatas. Barangkali kita memang perlu banyak melatih diri untuk rendah hati.

---
Tidakkah aku pernah memberitahu kalian tentang manisnya ibadah ? para shahabat bertanya, Apakah itu? Rasulullah menjawab, 'Rendah hati' (HR Muslim).

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...