Friday, January 04, 2008

Menulis Itu Menyehatkan

Jika anda memiliki hobi atau kegemaran menulis ternyata banyak sekali manfaatnya, salahsatunya menulis sebagai aktifitas yang menyehatkan. Proses selanjutnya menulis juga menjadikan anda lebih arif dan bijak menyikapi berbagai peristiwa.

Dalam pandangan Psikofitrah, menulis pengalaman hidup merupakan perangkat untuk mengubah persepsi dengan menyatukan keyakinan, emosi dan pengalaman sehingga seseorang mampu mengindetifikasikan cara-cara mengatasi masalah kehidupan yang dihadapinya. Proses yang menyehatkan itu terjadika ketika menulis mengubah satu peristiwa atau pengalaman hidup dari yang negatif menjadi positif .

Ada beberapa tips agar menulis menjadi aktifitas yang menyehatkan:

1) menulislah dengan hati yang jernih dan pikiran yang hening. Disaat anda memang meluangkan waktu, bukan menulis dengan diburu-buru atau sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

2) Menulislah dengan bercerita ke dalam diri, “apa yang saya rasakan dari peristiwa tadi? Apakah menyenangkan atau membuat kita sedih? Baik atau burukkah buat diri kita? Apa hikmah dari peristiwa tersebut?”

3) Menulislah dengan merubah persepsi yang negatif ke arah yang positif, “coba gambarkan keadaan di masa mendatang menjadi seperti apa..apa kira-kira yang menjadikan diri kuat? Apa manfaatnya dari tersebut?”

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...