Saturday, January 12, 2008

Psikofitrah & Kualitas Hidup

Istilah Psikofitrah terdiri dari kata “Psyche” berasal dari bahasa Yunani, artinya napas, sumber dari semua aktifitas, jiwa dan Fitrah artinya suci. Jadi Psikofitrah adalah proses penyucian jiwa sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup manusia. Itulah sebabnya Psikofitrah lebih pada usaha preventif, cara hidup sehat dengan membangun emosi positif.

Saat ini Psikofitrah mengkonsentrasikan pada penelitian berbagai bentuk emosi positif yang ada pada jiwa fitrah manusia untuk meningkatkan kualitas hidup. Berlimpahnya materi pada diri seseorang tidak bisa disebut dengan meningkatnya kualitas hidup jika dirinya dipenuhi dengan problem kejiwaan seperti depresi, alienasi maupun gangguan mental.

Berbagai penelitian menunjukkan manusia membutuhkan pertolongan agar dirinya bisa menemukan kebahagiaan sebab individu yang merasa hidupnya bahagia lebih optimis hidupnya, pekerja keras, kreatif, tidak mudah putus asa, murah senyum daripada yang menyebut dirinya tidak bahagia.

Hal inilah yang juga mempengaruhi diri mereka yang merasa bahagia secara jasmani lebih sehat, cepat sembuh dari penyakit, tahan lama dalam menghadapi tekanan hidup dan lebih tahan lama menghadapi penyakit dan cenderung melihat orang lain tidak sebagai ancaman hidup sekalipun berbeda paham.

Bagi Psikofitrah jika kehidupan manusia dipenuhi dengan murah senyum, mudah tertawa, suka bernyanyi, gambaran diri sebagai lentera, penjejak peradaban, sang penguat kehidupan akan menghasilkan perilaku-perilaku yang positif seperti gembira, optimis, pemaaf, aktif menolong orang lain, bersyukur sehingga aktifitas ini memiliki kontribusi terhadap dalam peningkatan kualitas individu.

Ketika kualitas hidup indvidu meningkat maka kualitas hidup masyarakat juga meningkat, sebab masyarakat manapun adalah cerminan dari individu-individu didalamnya. Bila anda ingin menciptakan masyarakat yang sehat maka anda harus menemukan cara untuk menjadikan sehat bagi setiap individu.

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...