Wednesday, January 16, 2008

Pemimpin Sejati

Pemimpin sejati tidaklah dihitung berapa banyak jumlah pengikutnya tetapi pemimpin sejati dihitung dari berapa banyak orang yang sudah dibebaskan dari belenggu kejumudannya. Itulah sebabnya dalam sejarah peradaban umat manusia selalu mencatat nama orang-orang yang berpenampilan sederhana namun melakukan tindakan-tindakan kecil yang memiliki pengaruh besar bagi orang lain yaitu dengan membebaskan manusia dari segala bentuk perbudakan.

Pemimpin sejati tidak pernah dipusingkan dengan jumlah pengikutnya yang kian surut, pemimpin sejati tidak pernah menumpahkan darah hanya karena berebut pengikut. Pemimpin sejati adalah mereka, orang-orang yang duduk damai dalam kesendiriannya disetiap jari sibuk berbuat dan bertindak yang tiap langkah dan tindakannya selalu mengilhami orang lain untuk selalu mencintai dan melayani sesama.

Kehidupan yang selalu dikelilingi pengikut banyak, berkelimpahan materi, semua apa yang diucapkan seolah sabda yang mengikat, siapa yang tak tergoda oleh itu semua? Tapi tidak bagi mereka yang telah menemukan diri sejatinya. Baginya kepuasaan hidup yang dimilikinya adalah ketika dia hidup mencintai dan melayani sesama sebagaimana yang dilakukan baginda Nabi SAW menyuapi seorang pengemis buta yang selalu mengatakan bahwa Muhamad adalah orang yang paling dia benci.

Namun setiap pagi Baginda Nabi SAW mendatanginya dengan membawa makanan, dan tanpa berkata sepatah kata pun Nabi SAW menyuapi makanan yang dibawanya kepada pengemis itu walaupun pengemis itu selalu berpesan agar tidak mendekati orang yang bernama Muhammad. Nabi SAW melakukannya hingga menjelang Beliau wafat. Setelah kewafatan Rasulullah tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis buta itu dan pengemis buta itu juga tidak tahu bahwa yang menyuapinya setiap hari adalah orang yang dia benci.

Itulah pemimpin sejati tidak disibukkan dengan organisasi, tidak disibukkan dengan jumlah pengikut namun disibukkan dengan langkah dan tindakan mencintai dan melayani yang mengilhami saya dan anda.

1 comment:

Franova Herdiyanto said...

assalamu'alaikum

mas agus syukron tausyiahnya.

mas saya izin copy paste artikel ini ke blog saya..

terima kasih

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...