Tuesday, February 24, 2009

Indahnya Mendongeng

Malam itu anak-anak Amalia berkumpul. Tiap malam rabu ada program Muhasabah, menanamkan nilai-nilai dengan melalui mendongeng. Malam itu Istri saya mendongeng didepan anak-anak Amalia.

"Pada suatu malam, Umar Bin Khattab berkeliling negeri...." nampak anak-anak menyimak cerita secara saksama, ada yang mulutnya menganga. Adi matanya berbinar-binar. Cerita itu membuat anak-anak menjadi takjub.

Ditengah jalan cerita, suasana nampak serius mengikuti jalan cerita. terdengar suara, "Kak, kenapa Umar berkeliling kampung sendiri? Bukankah Umar Khalifah? punya tentara?" tanya Ari. Gerr..terdengar tertawa teman2nya. istri saya menjelaskan bahwa Umar pada saat itu keliling negeri tidak membawa tentara karena Umar keliling negerinya dengan sembunyi-sembunyi.

Mendongeng itu begitu indah, buat anak-anak Amalia mendongeng adalah bagian menanamkan nilai. Anak-anak lebih mudah mencerna nilai dengan dongeng daripada dengan ceramah. mendongeng bagi orang tua sangatlah penting. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mendongeng, yaitu:

* Mendongenglah dengan ucapan yang jelas dan tidak terburu-buru. Makin balita putra anda, sebaiknya makin pelan agar ia dapat menyerap dalam memahami cerita.

* Usahakan anda bercerita dengan suara senyaman mungkin.

* Ungkapkan ekspresi anda pada saat sang tokoh sedang menangis atau sedang tertawa. Namun hindarkanlah eskpresi berlebihan. Variasikan kecepatan, irama suara anda.

* Gunakan suara anda mengikuti karakter dalam tokoh cerita, apakah anak-anak atau binatang.

* Gunakan Alat peraga atau alat bantu. Misalnya, boneka tangan, kotak pensil atau yang lainnya. Penggunaan alat peraga ini Penggunaan alat peraga ini biasanya sangat efektif untuk anak-anak yang lebih kecil.

* dan yang paling penting dipenutup cerita berikanlah kesimpulan yang jelas, setiap nilai-nilai kebaikan yang dilakukan dalam tokoh tersebut.

--
“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman”. (QS. Yusuf: 111).

1 comment:

cenya95 said...

Dongeng memang indah didengar bahkan kita dibuatnya tertidur nyenyak.
Apalagi dongeng itu, menjadi kenyataan...

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...