Panggilan Jiwa

Jumat Malam saya kedatangan tamu Mas Agus Purwanto dan pada hari minggu saya kedatangan tamu lagi yaitu mas Nurul Yakin. Kami diskusi tentang dunia pendidikan dan bagaimana konsep mendidik anak yang baik.

bagi sebagian orang, guru adalah profesi namun saya menyakini bahwa guru adalah panggilan jiwa. dimanapun kita berada jika guru merupakan paggilan jiwa maka dimanapun juga akan ada proses belajar mengajar.

Seorang pembimbing/guru yang baik akan tahu bagaimana cara mengkondisikan emosi entah naik atau turun bagi orang-orang yang sedang belajar agar tumbuh yang disebut 'willing to learn." karena prinsip pendidikan menumbuhkan keinginan untuk senantiasa belajar menjadi lebih baik, itulah yang utama. Sikap atau attitude akan terbentuk setelah para pembelajar dipersiapkan untuk belajar dengan konsep hadap masalah.

Konsep hadap masalah ini tentunya terjadi benturan, konflik, masalah, intrik yang terkadang membuat para pembelajar sakit hati, marah, dendam namun ini merupakan satu-satunya cara yang paling effektif untuk menumbuhkan penguatan didalam diri atau disebut 'soft power'. 'Soft power' yaitu sikap tegas dalam kelembutan. Kelembutan dalam ketegasan.

Penguatan didalam diri inilah haruslah dikondisikan, dibentuk dan dilakukan secara sengaja agar para pembelajar berani menghadapi realitas kehidupan yang terkadang pahit dan tidak selalu sesuai dengan harapannya, juga agar tidak terbuai atau di nina bobokkan oleh kenyamanan dalam hidup seolah tidak perlu belajar. Kalo orang sudah tidak ingin belajar, hidup sudah tidak berarti lagi.

Lantas untuk apa kita hidup?

--
Wal Ashr, Innal insyanalafi khusrin illa, illaladzi na amanu wa’amilu sholihati wa tawa saubil haqi wa tawa shoubil sobr.

--
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya dalam kesabaran.(QS. al-Ashr (103) : 1-3)

1 Response to "Panggilan Jiwa"

Anonymous said...

bagus sekali sobat.ada tulisan sobat yang saya copy.harap di izinkan

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel