Thursday, November 16, 2006

Kelebihan Orang Tua

Dulu saya pernah ngajar disalah satu SMK swasta di Jakarta Selatan. Pada suatu hari ada salahsatu orang tua siswa ngotot meminta anaknya untuk dipindahkan ke pesantren. Saya bertanya padanya kenapa begitu bersemangatnya memindahkan anak ke pesantren.

Orang tua itu bertutur kalo selain karena khawatir dengan kondisi pergaulan sekolah, dia juga bercerita sewaktu masa kecil orangtuanya hendak memasukkan ke pesantren tapi dirinya tidak mau. Makanya sekarang dia sangat berkeinginan memindahkan anaknya ke pesantren karena dirinya merasa menyesal kenapa dulu tidak dipesantren. Akhirnya kami terpaksa menyetujuinya.

Setelah selesai semuanya, ada salahsatu teman pengajar berkomentar tentang kejadian itu bahwa itulah kelebihan orang tua daripada anaknya. “Apa itu pak?”tanya saya. “Kelebihan orang tua dari anaknya karena orang tua melakukan kesalahan yang tidak dilakukan oleh anaknya. Orang tua tadi merasa melakukan kesalahan karena sewaktu kecil tidak dipesantren. Dia ingin anaknya tidak ingin anaknya melakukan kesalahan Makanya anaknya dipindah ke pensantren.” Tutur teman pengajar.

Benarkah itu?

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...