Yuk, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah

Sunday, May 31, 2009

Bersyukur di Pagi Hari

Menyambut pagi hari yang indah, saya dan istri senantiasa mengajak Hana untuk bersyukur dipagi hari. Di pagi hari setelah sholat subuh berjamaah bersama istri dan hana tak lupa jalan pagi. Keberkahan dalam hidup inilah penting bagi kami untuk menanamkan pada Hana bagaimana bersyukur dipagi hari ketika mengawali hidup.


Setiap mukmin dianjurkan untuk bangun tidur pada pagi hari sebelum subuh, karena sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah, bahwa saat pagi hari menjelang subuh itu merupakan saat-saat penuh berkah. Rasulullah bersabda:

Ummatku diberkati Alloh (ketika mereka bangun) di pagi hari (burika liummati fi bukuriha).

Berkah artinya terkumpulnya kebaikan ilahiah pada seseorang atau sesuatu atau suatu waktu seperti terkumpulnya air di dalam kolam (tajamĀ¬mu` al al khair al Ilahy ka tajammu` al ma fi al birkati). Dalam kehidupan sehari-hari, berkah artinya terdayagunakannya nikmat Tuhan secara optimal. Orang yang bangun pagi akan memperoleh udara bersih, kesegaran badan, dan peluang bekerja yang lebih banyak.

Ketika bangun tidur dianjurkan untuk membaca doa seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, sebagai berikut:

Al hamdu lillahillazi ahya na ba`da ma ama tana wa ilaihin nusyur
Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada Nyalah kami kembali.

Rasulullah juga mengajarkan doa yang seyogyanya dibaca setiap pagi, sebagai berikut:

Allahumma bika asbahna wabika amsaina wa bika nahya wa bika namutu wa ilaihin nusyur

Artinya: Ya Alloh, dengan namaMu aku memasuki pagi hari dan dengan nama Mu pula aku memasuki sore hari. Dengan nama Mu ya Alloh aku hidup, dan dengan nama Mu pula aku mati, dan kepada Mu lah tempatku kembali.

Post a Comment

Home

AGUSSYAFII BLOG
2006
Proudly powered by : Blogger