Tuesday, April 21, 2009

Bermain Aktif Itu Belajar

Bagaimana cara yang paling effektif agar anak memperoleh pengalaman yang bermanfaat? Jawabnya adalah dengan bermain aktif anak memperoleh pengalaman yang bermanfaat. Bermain aktif bukan berarti harus dengan di depan komputer atau permainan mahal. Jika kita cermati banyak sekali 'source' permainan sederhana yang bisa diekplorasi anak-anak kita untuk memperoleh sesuatu yang bermanfaat.

Di hari minggu saya pernah mengajak anak-anak Amalia berburu batu, mencari batu yang memiliki berbentuk. 'Bentuknya seperti apa kak? tanya Reka. 'Apa aja' jawab saya. 'Wah, asyik nih' kata Rizki sambil berlarian diikuti oleh teman-temannya yang lainnya. Anak-anak itu begitu bersemangat bahkan menemukan beraneka ragam batu, ada yang berbentuk daun, bintang, pohon, tombak, kuda, mata, kaki. Setelah semua anak-anak menemukan batu, mereka berkumpul. kemudian masing-masing anak menjelaskan batunya bentuk batunya.

Permainan sederhana seperti 'berburu batu' ternyata memberikan peluang bagi anak-anak untuk berekplorasi dan berimajinasi menemukan batu yang paling indah. Seolah mereka sebagai pemburu harta karun seperti dalam film 'Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull'

Anak pada dasarnya memiliki dorongan alamiah untuk mencari pemahaman dunianya dan kita sebagai orang tua juga harus terlibat berperan secara aktif untuk menciptakan lingkungan yang kaya akan permainan yang memiliki makna pembalajaran bagi anak. Itulah yang disebut dengan bermain aktif berarti belajar.

No comments:

Hati Gelap Karena Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah faktor penyebab kehancuran rumah tangga, perselingkuhan itu juga hampir menjadi penyebab kehancuran per...